abuabbad.com

Home » Event » Sharing Creative Writing, Blogging & Teaching Di TWC #2

Sharing Creative Writing, Blogging & Teaching Di TWC #2

Menulislah dan rasakan berkahnya

bhayusulis.guru-indonesia.net

Bersama anis Baswedan, Ph.D (Rektor Universitas Paramadina Jakarta)

Blog GeSchool

Berkahnya memberi arti tentang profesi keguruan dan sharing pengalaman menulis dan blogging bersama para guru-guru hebat yang meluangkan waktu liburannya untuk menggali ilmu dan wawasan seputar dunia literasi pendidikan di Wisma UNJ tanggal 6-7 Juli 2013. Acara yang bertajuk Teacher Writing Camp (TWC) #2 ini merupakan kelanjutan dari pelatihan menulis bagi guru serta TWC #1. Beberapa narasumber dari lingkup pendidikan, media, praktisi IT, operator seluler sampai guru blogger dihadirkan untuk memberi motivasi, spirit dan mem-push guru-guru. Di TWC #2 ini juga dilaunching buku kolaborasi (bunga rampai) yang berisikan kompilasi tulisan-tulisan para peserta TWC #1 dengan judul “Dahsyatnya Guru Menulis & Ngeblog”. Saya mendapat kesempatan dari panitia untuk menyampaikan seputar Creative Writing, Blogging, and Teaching bersama Mis Nunung yang juga guru blogger dari SMK Al-Muslim Tambun Bekasi (liputan sesi kami dari peserta silahkan dibaca disana). Sebelumnya juga disampaikan materi dari mba Ester (wartawati Kompas). Peserta begitu antusias dan nampak bersemangat saat praktek menulis di setiap sesi pun diadakan.

Point inti yang saya sampaikan bahwa menulis itu perintah Tuhan, di dalam Al-Qur’an terdapat ayat terpanjang yang perintahnya kepada kita untuk menulis. Silahkan cari dimana letak ayat tersebut. Menulis dan membaca tidak bisa dipisahkan, seperti halnya menulis, bahkan membaca merupakan perintah Tuhan yang pertama kali turun dalam Al-Qur’an. Kemudian hampir semua profesi di dunia ini membutuhkan keterampilan menulis. Di jaman trend ledakan teknologi bidang ICT saat ini menulis sudah terintegrasi dengan berbagai media telekomunikasi seperti blog. Itulah sebabnya menulis dan blogging bisa menjadi penunjang bagi keterampilan guru dalam men-teach para peserta didik.

Sesi saya bersama mba Ester (Kompas)  Mis Nunung Nuraida (Guru SMK Al-Muslim Bekasi).

Sesi saya bersama mba Ester (Kompas) dan Mis Nunung Nuraida (Guru SMK Al-Muslim Bekasi).

Banyak fasilitas blog yang bisa kita pergunakan untuk mengajar. Beberapa guru yang sudah berpengalaman dalam ngeblog pun membagikan pengalamannya. Selain itu, dengan ngeblog banyak keberkahan-keberkahan yang kita rasakan. Dari mulai materi sampai kesempatan-kesempatan mengaktualisasikan diri di berbagai lini. Terakhir, saya mentabulasikan semua materi dengan tiga point, bahwa teaching, writing, blogging merupakan ibadah, amanah, dan rahmah. Sesi pun saya tutup dengan menampilkan video motivasi kemudian mba Ester dari Kompas mewawancara saya seputar beberapa hal mengenai guru dan lingkup pendidikan. Kegiatan TWC #2 ini digagas oleh IGI (Ikatan Guru Indonesia), empowered oleh Acer dan supported XL.

bersama Mis Nunung menerima cindera mata dari panitia diberikan oleh mba Ester (wartawati Kompas)

bersama Mis Nunung menerima cindera mata dari panitia diberikan oleh mba Ester (wartawati Kompas)

bersama para peserta TWC #2

bersama para peserta TWC #2

bersama para fasilitator tim TWC #2

bersama para fasilitator tim TWC #2

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: