بِقَدْرِ الْكَدِّ تُكْتَسَبُ الْمَعَالِى

Beranda » Resensi » Buku Cerdas Mengajar

Buku Cerdas Mengajar

Full HD Wallpapers 1920x1080 (185) (1024x576) copyHadirnya Buku “Cerdas Mengajar” terbitan Grasindo karya Tessie Setiabudi & Joshua Maruta sangat berguna bagi saya pribadi yang masih minim pengalaman mengajar di sekolah juga mengajar anak biologis di rumah. Sebagai seorang guru saya selalu mencari berbagai input tentang mengajar yang baik dan menyenangkan. Tidak hanya bagi saya, tentunya juga bagi semua guru dan orangtua yang menginginkan mengajar dengan baik. Buku Cerdas Mengajar yang menyuguhkan 13 kiat jitu mendampingi anak belajar ini bukan hanya mengajarkan kita bagaimana seharusnya mengajar tapi juga memberikan stimulus kepada kita untuk selalu menciptakan suasana mengajar dengan penuh cinta.

Bukan hanya mengajar di sekolah antara guru dengan murid melainkan juga mengajar di rumah antara orang tua dengan anak. Buku ini menyajikan kiat-kiat yang komprehensif dan gradual, diantaranya dimulai terlebih dahulu dari bahasan fondasi belajar kemudian cara kerja otak. Setelah itu baru masuk bahasan mengenali cara belajar dan asyiknya belajar. Metode-metode menarik dihadirkan dalam buku ini untuk membantu memudahkan cara belajar, bahkan disediakan juga form di setiap kiatnya untuk evaluasi setelah dilaksanakan. Kiat-kiat tersebut diantaranya bagaimana mengalahkan rasa takut menghadapi ulangan yang selalu menghinggapi anak kita. Salah satunya dengan visualisasi hasil ulangan. Kiat tersebut ada di halaman 151 sampai 162.

Kiat menarik lainnya (tepatnya kiat #12) adalah asyiknya belajar dengan melakukan ice breaking. Banyak model ice breaking yang bisa digunakan. Dalam buku ini diberikan contoh ice breaking dengan bermain teka-teki berupa pantun; “Anak kecil bermain batu, batu dihitung satu per satu. Badannya lurus matanya satu, ekornya tajam apakah itu?”. Anak kita pasti bingung apa jawabannya. Ternyata jawabnya adalah “jarum”. Dengan demikian, selain ice breaking sebagai selingan saat belajar juga bermuatan materi pelajaran Bahasa Indonesia.


1 Komentar

  1. Galih Akbar Rumekso mengatakan:

    bisa minta seri pdf nya ngga pak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: