بِقَدْرِ الْكَدِّ تُكْتَسَبُ الْمَعَالِى

Beranda » Event » Meneguhkan Komitmen Ber-Islam dan Berdakwah [Pengajian Temu Alumni FAI UMY]

Meneguhkan Komitmen Ber-Islam dan Berdakwah [Pengajian Temu Alumni FAI UMY]

Menulislah dan rasakan berkahnya

bhayusulis.guru-indonesia.net

Blog GeSchool

temu alumni FAI UMYAda 2 point penting yang saya dapatkan pada temu alumni FAI UMY (Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta) yang lalu saat mengisi liburan semester 1. Baru sempat menuliskannya sekarang tak perlu saya sebut “karena”-nya apa. Pertama tentunya nilai silaturahim dan networking seperti kata pak ustadz Ghoffar Ismail (dosen PAI-alumni ‘95) yang bisa memudahkan kita dalam berinteraksi dimana saja dan kapan saja serta membangun relasi (kerja sama) kemitraan dalam berbagi usaha dan profesi. Ya, bertemu sesama alumni bisa menumbuhkan sense of relationship. Apalagi alumni FAI UMY sudah banyak tersebar di berbagai daerah dalam berbagai lini profesi dan karir. Bukan hanya di bidang pendidikan, dakwah dan muamalah sesuai jurusan yang ada di FAI. Alumni FAI banyak juga yang berkarir non linier (bahasa umumnya “banting setir”). Dari mereka ada yang menjadi animator, musisi, aktivis komunitas mobil jeep, dan lain-lain. Saya membayangkan ketika kita yang menjalankan profesi pendidik membutuhkan media pembelajaran yang interaktif dan berbasis ICT maka kita bisa bersinergi dengan alumni yang menjadi animator. Itulah hikmahnya networking dan relasi almamater. Bahkan pada temu alumni ini diputuskan tentang (amal) usaha yang akan kita jalankan bersama dalam wadah alumni yang meminjam istilah pak Nurwanto yaitu “dolanan bareng”. Alhamdulillah… semoga cepat terlaksana.

Kedua, ilmu dan motivasi. Ilmu selalu ada dan menyertai kita dimanapun berada selagi kita mampu menangkap manfaat ilmu dalam setiap lintas perjumpaan kita dengan siapapun. Dalam obrolan, sharing, guyon, dan lain sebagainya kita bisa menyerap ilmu. Pada kesempatan kali ini ilmu dan motivasi itu bertebaran dari para alumni yang saling berinteraksi, termasuk dengan saya. Dalam lingkup formal-seremonial setidaknya ilmu dan motivasi itu disampaikan oleh pak Rektor UMY (Prof. Dr. Bambang Cipto, MA). Menurut beliau dalam konteks kerja, karir dan kesuksesan yang diraih dari ilmu saat kuliah hanya 1%. Adapun 99% itu didapat dari kerja keras. Senada dengan pak Rektor, dekan FAI UMY, Dr. Mahli Zainudin Tago, M.Si, juga memotivasi para alumni untuk berkiprah dengan penuh semangat dan kerja keras.

Ilmu dan motivasi yang tak kalah penting disampaikan oleh pak Muhsin (sosok tentang pak Muhsin saya tulis disana). Pak Muhsin yang didaulat oleh ketua panitia (mas Ananto) untuk memberikan pengajian langsung membukanya dengan mengatakan bahwa beliau bangga dan bersyukur bahwa murid-muridnya (read: mahasiswa/i) yang dulu beliau ajar kini sudah banyak yang lebih sukses dari beliau. Ya, manusiawi memang ketika kita melihat murid kita bisa lebih di atas kita sebagi gurunya. Core Value yang disampaikan Pak Muhsin saya catat adalah “Meneguhkan Komitmen Ber-Islam dan Berdakwah”. Komitmen berdakwah tidak boleh berhenti dimanapun dan lingkup mana pun, ucap pak Muhsin membuka materi. Semangat ber-Islam harus dijalankan dengan tidak berputus asa untuk menjadi apa yang dicita-citakan, kalau orang lain bisa maka kita pun pasti bisa. Semangatnya adalah semangat untuk “menjadi” dan terus berproses untuk “menjadi”.

Dalam konteks kehambaan semangat ber-Islam juga tidak boleh lepas dari kerangka dzikir kepada Allah sehingga kita mampu mencapai derajat ihsan (subjeknya disebut muhsin). Orang yang pro aktif selalu berdzikir kepada Allah itulah ihsan. Di akhir pengajian pak Muhsin menyampaikan harapannya bahwa semangat FAI agar tambah bermanfaat dan menjadi ikon bukan hanya di UMY tapi juga di kampus-kampus lainnya. Berbagai profesi kita jalankan tapi ruh Islam dan dakwah harus tetap kita jaga.

~Bhayu Sulistiawan~

Alumni FAI UMY Prodi PAI Angkatan 2004

https://abuabbad.wordpress.com/


1 Komentar

  1. […] profesi (intisari pengajiannya ada di tulisan berjudul Meneguhkan Komitmen Ber-Islam dan Berdakwah, disana). Perkembangan teknologi saat ini pun tak pelak menjadi sarana dakwah beliau. Di facebook beliau […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: