abuabbad.com

Home » Edukasiana » ICT Untuk Pembelajaran Abad 21

ICT Untuk Pembelajaran Abad 21

Menulislah dan rasakan berkahnya

bhayusulis.guru-indonesia.net

Blog GeSchool

Perkembangan teknologi memang akan selalu pesat dalam era globalisasi seperti sekarang ini. Keadaan demikian tidak bisa kita hindari sebagai seorang pendidik. Bukan berarti kita harus resisten merespon keadaan ini, melainkan kita harus kreatif dan inovatif dalam menggunakan teknologi agar pembelajaran pun tidak lagi monoton dan konservatif. Optimalisasi Pemanfaatan ICT Untuk Pembelajaran Abad 21 menjadi sangat urgen untuk dikembangkan. Hal inilah yang setidaknya ingin dijawab dan dibagi kepada para guru se-Indonesia oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI).

Dengan menggandeng ACER yang notabene partner utama IGI dan juga Binus University khususnya Binus Onlie Learning betepatan dengan event ICT Expo IT IndoComm 2012 tahun ini diadakan salah satu kegiatannya adalah Seminar Pendidikan ICT untuk pembelajaran. Seminar ini diadakan di hari terakhir ICT Expo yaitu pada tanggal 5 Mei 2012 di Jakarta Convention Center (JCC).

Bersama lebih dari 100 guru yang menghadiri seminar ini bahkan terjauh ada yang dari Ambon. Meskipun berbarengan dengan ramainya acara wisuda salah satu kampus ternama di Jakarta namun tak menyurutkan semangat para guru untuk memperoleh ilmu dan pengalaman dari para narasumber yang merupakan orang-orang yang kompeten dan berpengalaman dalam bidang ICT Learning. Setelah dibuka oleh bu Manik di awal pembukaan mas Ihsan (Mohammad Ihsan) selaku Sekjen IGI Pusat menyampaikan paparannya tentang Penerapan dan Permasalahan Dalam Perkembangan Teknologi Di Dunia Pendidikan Indonesia. Diantara point penting yang perlu kita cermati adalah sisi lain dampak negatif dari ICT adalah membuat para peserta didik punya teman banyak di dunia maya. Mereka bisa saja “curhat” bahkan beberapa kejadian menghina gurunya meski mereka nampak biasa saja di hadapan gurunya.

Hal inilah yang harus diwaspadai oleh para pendidik. Selain itu juga konten internet berdasarkan penelitian yang disampaikan masih mayoritas bernuansa negatif untuk tingkat Indonesia. Untuk itu perlu kiranya kita sebagai pendidik membuat konten-konten positif yang menunjang pembelajaran agar tidak lagi dipenuhi oleh konten-konten yang bisa mempengaruhi perkembangan karakter peserta didik kita. Setelah mas Ihsan menyampaikan paparannya dilanjut oleh mba Siendy Boenadi perwakilan dari ACER sebagai Business Development Manager Sales Division. Mba Siendy menyampaikan apresiasinya kepada para guru yang sudah hadir. Acer sendiri sudah banyak melaksanakan kegiatan bertemakan pendidikan serta memfasilitasi para guru bersama IGI untuk mengembangkan kompetensinya. Program seperti SaGuSaLa Satu Guru Satu Laptop menjadi bagian dari program Acer bersama IGI untuk para guru. Selain itu juga sebagai wujud apresiasi Acer kepada para guru yang mengembangkan pembelajaran menggunakan ICT Acer mengadakan Guraru (Guru Era Baru) Award setiap tahunnya dan juga mengadakan seminar atau pelatihan untuk para guru. Salah satu media Guraru adalah blog guraru.org bagi para guru untuk berbagi/sharing pengalaman dan berinteraksi dengan guru-guru yang lain.

bersama sekjen IGI pusat pak Ihsan (batik merah)

Narasumber selanjutnya yaitu seorang guru SD Global Jaya yang merupakan peraih/juara Guraru Award 2011 Agus Sampurno dengan menyampaikan paparan tentang Optimalisasi TIK Untuk Pembelajaran Abad 21. Menurut mas Agus sudah tidak ada alasan lagi untuk kita tidak menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran. Bahkan menurut beliau di beberapa Negara eropa sudah tidak lagi menggunakan komputer sebagai mata pelajaran / subject. Hal ini dikarenakan ICT bukanlah object pembelajaran melainkan tools (alat) yang sehari-harinya harus kita optimalisasikan. Selanjutnya paparan disampaikan oleh pak Agus Putranto dari Binus University. Pak Agus yang juga pengelola Binus Online Learning menyampaikan pengalamannya membuat sistem perkuliahan online di Binus University. Menurut pak Agus pendidik harus selalu mengupdate kemampuannya menggunakan teknologi karena perkembangan teknologi selalu cepat. Dengan teknologi kita tidak terhalang lagi oleh batas teritorial. Kita masih bisa melaksanakan pembelajaran melalui pemanfaatan teknologi.

bersama pemenang Guraru (Guru Era Baru) Award 2011 pak Agus Sampurno

Di akhir acara diadakan sesi tanya jawab yang nampaknya sebagian peserta memang sangat antusias dengan merasakan manfaat dari seminar ini. Kemudian acara ditutup oleh mas Ihsan dan dilanjut dengan makan siang. Semoga para guru selalu memanfaatkan ICT untuk pembelajaran. Salam guru…

Advertisements

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: