abuabbad.com

Home » Informasi » TOT ICT INDOSAT HARI PERTAMA

TOT ICT INDOSAT HARI PERTAMA

Menulislah dan rasakan berkahnya

bhayusulis.guru-indonesia.net

Bersama anis Baswedan, Ph.D (Rektor Universitas Paramadina Jakarta)

Blog GeSchool

Senin 26 Desember 2011. Perjalanan holiday saya semester ini diawali dengan mengikuti Training of Trainer (TOT) Information Communication Technology (ICT) bersama Ikatan Guru Indonesia (IGI) Bekasi dan Be-Blog di Indosat Training and Conference Center (ITCC) Jatiluhur Purwakarta. Acara ini powered by Indosat yang merupakan tingkat lanjut dari pelatihan blog guru yang sudah dilaksanakan 2 tahap masing-masing di Islamic Center Bekasi dan Kantor Walikota Bekasi.

Berkumpul sejak pukul 08.00 di Islamic Centre sudah ramai dengan para peserta dan panitia. Dua bis AC sudah terparkir di depan aula KH. Noer Alie. Setelah registrasi saya langsung memasuki bis kedua yang khusus untuk kaum pria. Sekitar pukul 08.45 kami semua berangkat menuju Purwakarta Jawa Barat melalui pintu tol Bekasi Barat. Baru saja masuk ruas jalan tol Cikampek KM. 20 kendaraan sudah mulai padat, maklum mungkin karena musim liburan sudah tiba sehingga banyak yang ingin berlibur.

Pukul 10.16 bis kami mampir merapat ke rest area KM. 39 untuk istirahat sejenak, jajan-jajan, dan juga ke toilet. Perjalanan pun dilanjutkan. Setelah memasuki ruas tol Purbaleunyi dan exit pintu tol Jatiluhur akhirnya sekitar pukul 11.07 kami sampai di lokasi. Di depan aula utama Balairoom I ITCC sudah disediakan coffe break dan istirahat sejenak.

Setelah acara dibuka oleh panitia dari IGI Bekasi dan Be-Blog, kemudian ISHOMA langsung dilanjut materi pertama tentang Sekolah Berbasis ICT dan Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran oleh Agus Sampurno (Pemenang Guraru Acer) dan Dr. Sony Trilaksono yang merupakan praktisi pendidikan dan psikologi. Guru harus terus menerus belajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, berhentilah jadi guru jika anda berhenti belajar, ucap Agus Sampurno yang juga sebagai guru SD. Lanjut pak Sony Trilaksono yang membuka materinya dengan memberikan test untuk mengetahui seperti apakah diri kita dan langsung diberi tahu hasilnya setelah materinya selesai.

Acara kemudian coffe break dan shalat ashar. Pukul 15.20 materi dilanjutkan oleh perwakilan Indosat yaitu Elga Yulwardian dan Endy J Kurniawan yang menyampaikan tentang Creative Blogging With Indosat. Menampilkan contoh-contoh blog kreatif yang tidak hanya berisi tulisan, ada juga hanya sebatas photo, video dan hal-hal lain yang bersifat hobi, minat dan bakat. Ternyata, ngeblog tidak harus berisi tulisan semua, ucapnya.

Materi kemudian dilanjutkan oleh Dedi Dwitagama yang sudah sering mentrainer para guru. Dan ada fakta yang baru saya ketahui bahwa ternyata pak Dedi dengan pak Agus adalah saudara kandung alias abang adik. Pak Dedi yang menyampaikan materi “Menulis dan Mengelola Blog Secara Kreatif” menyampaikan langkah-langkah untuk mengelola blog. Diawali dengan nulis saja, apa saja, dan terus menerus maka lama-lama akan terbiasa, ucap pria yang menyukai photografi ini. Selesai materi pak Dedi menyampaikan motivasi dan beberapa peserta merespon feed back dari motivasinya dan dilanjut dengan ISHOMA.

Ba’da maghrib tepatnya pukul 19.30 setelah mandi, shalat, makan, para peserta sudah berkumpul kembali di balairoom I. Materi selanjutnya disampaikan oleh pak Hasan Chabibie dari Pustekom Kemendikbud yang menyampaikan beberapa data-data di dunia maya yang kebanyakan diisi dengan konten negatif. Pak Hasan berharap dari peserta ada yang mampu membuat konten positif mengalahkan konten negatif, dan juga membuat media-media pembelajaran menggunakan flash da video interaktif. Materi hari ini kemudian diakhiri dengan praktek menulis untuk blog yang dipandu oleh Wijaya Kusumah atau yang akrab disapa Omjay. Saya pribadi baru merasakan resep Omjay yang selalu dishare yaitu “menulislah sebelum tidur”. Ternyata menarik juga menulis sebelum tidur, tapi kalau yang ini karena diharuskan untuk reportase. Dan tak lupa di setiap materi selalu ada banyak hadiah disediakan dari indosat.

Tak lupa sebelum tidur saya juga menikmati beberapa fasilitas yang ada di kompleks ITCC ini, diantaranya bermain billiard dan tenis meja dengan beberapa guru yang belum tidur juga. Lumayan, cukup untuk mengeluarkan keringat sambil merefresh. Setelah itu barulah rehat di kamar masing-masing, dan posting dulu untuk melengkapi kegiatan hari pertama TOT ICT ini.

Advertisements

2 Comments

  1. Siti Aisyiah Rangkuti says:

    follow me,ok ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: