abuabbad.com

Home » Informasi » WORKSHOP PEMBELAJARAN BERSAMA MICROSOFT EDUCATION

WORKSHOP PEMBELAJARAN BERSAMA MICROSOFT EDUCATION

Menulislah dan rasakan berkahnya

bhayusulis.guru-indonesia.net

Bersama anis Baswedan, Ph.D (Rektor Universitas Paramadina Jakarta)

Blog GeSchool

Siapa yang tidak kenal dengan Microsoft, bagi pengguna komputer atau laptop pemula sampai pakar IT pasti kenal dengan Microsoft. Banyak program-program dari Microsoft yang sudah familier bagi kita para pengguna komputer. Sebut saja Microsoft (Ms) Office, dari sejak Ms. Office 2003, 2007, sampai sekarang 2010. Salah satu manfaat dari Microsoft ini memang banyak, apalagi bagi para pekerja kantoran. Namun bukan hanya pekerja kantoran saja yang terintegrasi dengan program ini. Anak-anak, pelajar hingga guru pun pasti bisa menggunakan program ini. Diantaranya untuk mengetik dokumen, menghitung dan membuat tabel, persentasi, membuat data acces, sampai diary digital.

Hari Sabtu 10 Desember 2011 saya bersama teman guru dari sekolah tempat saya mengajar berkesempatan hadir di acara Workshop “Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasi ICT”, focus materinya dari Microsoft adalah One Note dan Power Point. Workshop diselenggarakan berkat kerjasama Dinas Pendidikan DKI Jakarta, PT. Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) Group, Microsoft Partners in Learning, dan Majalah Guruku. Bertempat di Aula Lt.6 Gedung RNI Kuningan Jakarta Selatan. Adapaun trainer pada workshop ini yaitu mas Agam Fuji Kurniawan dari Microsoft Indonesia.

Bersama Mas Agam Fuji Kurniawan (Programmer Microsoft Education Indonesia)

Ada yang menarik dari workshop tersebut, kita diperkenalkan dengan salah satu fitur program dari Microsoft khususnya Power Point, yaitu Microsoft Mouse Mischief. Program ini menampilkan penggunaan mouse dalam jumlah lebih dari satu dengan bersumber 1 laptop. Tentunya bagi peserta didik ini menyenangkan, karena mirip dengan games. Bagi guru yang ingin memanfaatkan program ini bisa digunakan diantaranya membuat kuis dengan pertanyaan dari materi ajar, kemudian siswa bisa memilih jawaban langsung dengan mouse mereka masing-masing.

Mungkin bagi kita para pemula pengguna IT khususnya computer atau laptop, program yang paling sering digunakan dalam media pembelajaran tak jauh dari Ms. Office Word, Excel, Power Point. Ketiganya memang sangat mudah digunakan dan banyak bahan ajar yang berhubungan dengan ketiga program itu. Selain itu, ternyata masih ada yang bisa gunakan sebagai bahan ajar, seperti Ms. Office One Note. Program ini sebetulnya mirip buku diary, oleh karenanya ada yang bilang diary digital. Kegunaannya hampir sama dengan Ms. Word, namun lebih luwes, karena tidak harus baku dalam sistem pengetikan, dan mampu memuat apa saja layaknya buku diary. Di dalam Ms. One Note kita bisa menambahkan media juga, bahkan bisa langsung merekam video, mengcapture gambar dari website maupun file directory.

Sesi Workshop Microsoft Mouse Mischief Power Point & Ms. One Note

Nah, bagi kita para pendidik, sudah saatnya mengexplore lebih jauh dan banyak lagi program-program yang menunjang KBM agar lebih menarik dan kreatif. Banyak sekali program yang bisa kita dapatkan, baik dengan download gratis di internet ataupun beli di counter-counter IT. Dengan mengembangkan pembelajaran berbasis ICT maka para guru harus sadar akan manfaat kegunaan IT.

Advertisements

2 Comments

  1. Ijin download foto ya pak 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: