Beranda » Informasi » Kegembiraan Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Kegembiraan Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Menulislah dan rasakan berkahnya

bhayusulis.guru-indonesia.net

Blog GeSchool

Marhaban Yaa Ramadhan, selamat datang bulan Ramadhan. Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan bagi sebagian masyarakat mengadakan tradisi tarhib Ramadhan (menyambut datangnya bulan Ramadhan) dengan berbagai macam kegiatan, ada yang gotong royong membersihkan masjid hingga pawai Ramadhan. Hal tersebut menunjukkan kegembiraan kita dalam menghadapi bulan yang mulia dan penuh barokah, nikmat serta maghfiroh.

Pada hari Rabu (18/07/12) kemarin saya pun mengadakan tarhib Ramadhan brsama seluruh peserta didik dan para pendidik di lingkungan sekolah tempat saya mengajar yaitu SMP Islam Mentari Indonesia. Tarhib kali ini juga agak sedikit berbeda karena berbarengan dan merupakan bagian acara Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB) 2012/2013. Tujuan diadakannya setidaknya mengingatkan masyarakat akan datangnya bulan Ramadhan sehingga kita semua bisa mempersiapkan diri untuk menjalaninya dengan maksimal.

Acara tarhib dimulai dari shalat dhuha dan dilanjutkan pawai “Tarhib Ramadhan on the road” dengan mengelilingi sekitar wilayah sekolah. Pawai tarhib juga dimeriahkan dengan kreasi peserta didik baru saat sehari sebelumnya membuat berbagai kreasi ucapan selamat datang bulan Ramadhan. Selain itu juga para peserta didik membagikan kurma dan jadwal imsakiyah Ramadhan 1433 H kepada masyarakat sekitar agar mempersiapkan diri untuk memasuki bulan Ramadhan.

Setelah pawai dan kembali ke sekolah peserta didik langsung menuju hall lantai 2 dan beristirahat kemudian dilanjutkan games. Tarhib Ramadhan selanjutnya dilaksanakan indoor (kelas). Saya yang diberi kesempatan untuk mengisi tarhib di kelas memulainya dengan memberikan motivasi di awal untuk membaca shalawat “marhaban yaa Ramadhan”. Beberapa point penting yang saya sampaikan diantaranya sejarah puasa, arti, tujuan dan manfaat puasa, hingga keistimewaan bulan Ramadhan dan apa saja yang harus dipersiapkan untuk memasuki bulan Ramadhan.

Acara diakhiri dengan mushafahah (bersalam-salaman) saling maaf-memaafkan antara pendidik-peserta didik dan seluruh civitas akademika. Atas nama pribadi saya mengucapkan selamat menyambut bulan Ramadhan. Mohon Maaf atas segala kekhilafan di setiap lintas perjumpaan kita, baik di postingan, status, ataupun komen-komen yang kurang berkenan mohon dimaafkan. Happy Ramadhan 1433 H…

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.103 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: